Windows Vista, Kelebihan dan kekurangannya

hoho*tulisan ini bukan merupakan pembahasan secara teknikal yang memakai istilah yang bikin orang awam males bacanya, buat yang ngerasa senior maklumin aja anak kecil baru belajar nulis, baru belajar kasih review

Tulisan ini gw buat setelah kakak gw minta bantuin install ulang laptop muridnya + partisi + costumisasi + instal program yang compatible dengan vista. Dikasih waktu 6 hari hari ke 4 baru dikerjain🙂, after taking several hours of my live akhirnya kelar juga, dan laptopnya gw pake buat nulis di blog ini..hehehe.. itung-itung manjain mata, lcd gitu loh!!!! hahahaha. Ini beberapa hal yang gw ketahui dari windows vista.

  • Vista itu kalau diibaratkan dengan cewek adalah cewek yang cantik, kulitnya mulus, enak diliat tapi banyak maunya, apa-apa minta izin dulu😆 keliatan cantik diluar tapi berantakan didalam, makanya banyak orang ngomong don’t judge book by it’s cover …. ckckckckc
  • Vista itu kalo dikasih apa-apa, banyak ga maunya, disebabkan karena pengembangan vista yang masih membutuhkan waktu, dan para pengembang software harus membuat software yang compatible dengan vista, dan denger-denger katanya windows vista bakal diganti dengan Windows 7 yang merupakan perpaduan Windows XP– windwos powerful dengan Windows vista — windwos gagal😆
  • Kebanyakan jenis,huh.. dasar para petinggi microsoft, money oriented 😛 . Ada Vista Starter lah, Basic lah, Premium lah, Business lah, Enterprise lah, Ultimate lah. Kebanyakan lah…
  • Butuh requirement yang tinggi, dengan processor 2Ghz atau lebih, Memory/RAM 1024 Mb, hdd SATA 80 Gb dan VGA card dengan dukungan Pixel Shadrer 2 itu baru dapet medium requirement. Masih lemot-lemot juga tuh jalannya..😦

Setelah baca beberapa paragraf diatas, yang baca tulisan ini pasti mikir “ni orang benci amat ama Vista” Ga!! Gw ga benci ama vista, males aja🙂 ada beberapa hal kok yang gw suka dari vista, antara lain:

  • Aero Glass themenya yang bagus, dengan efek transparantnya yang bisa diatur membuat jendela windowsnya seperti kaca.
  • Windows Sidebar dan Object Dock. Walaupun ini bukanlah kategori baru, karena setau gw object dock sudah dipakai oleh Mac sebelum vista dibuat, aplikasinya disebut dengan dashboard dan Yahoo juga sudah menerapkan aplikasi yang serupa dengan nama yahoo!Widget engine, di XP juga bisa🙂 tapi download dulu softwarenya:mrgreen:.
  • Flip and Flip3d. Pernah menekan alt+tab kan?? kalau kita menekan tombol tersebut di windows XP maka akan keluar tampilan 2d yang menampilkan aplikasi yang kita buka, dengan fitur flip and flip 3d di vista maka akan keluar tampilan 3d. Keren…!! Tapi fitur ini baru bisa didapat kalo kita punya edisi Premium ke atas
  • Parental Kontrol. Wah..wah fitur yang kek ginian gw ga butuh, kalo bacanya kalian pasti dah tau apa artinya yaitu orang tua yang suka ngontrol🙂. Kenapa gw bilang gw ga butuh, karena gw belom punya anak, belom jadi orang tua juga, hahaha. Yang namanya parental kontrol juga bisa kok dilakukan di windows xp, dengan bantuan anti virus seperti Kaspersky, McAfee, add-ons mozilla dan kalo ada anak kecil lagi browsing di pc kita, duduk aja disebelahnya, parental kontrolkan..!!!!😆
  • Kalau kita pakai XP fitur disk defragment bisa memakan resources yang banyak sehingga ketika kita menjalakan fitur ini dengan aplikasi-aplikasi lainnya akan menjadi berat. Di windows vista disk defragment bisa dijalankan dibelakang layar (background) sehingga tidak memakan resource yang besar dan kita tetap bisa menggunakan aplikasi lainnya.

Pada dasarnya ketertarikan gw dengan vista cuman berdasarkan tampilannya, who don’t! Tapi yang namanya hal baru pasti tidak bisa langsung diterima 100%. Kita tunggu aja perkembangan terbaru dari Windows 7 yang akan hadir beberapa tahun lagi.

Solution:
Kalo anda masih suka dengan Windows XP dan mau membeli laptop, saya sarankan belilah laptop yang sudah vista premium ready jangan yang vista capable PC, jadi kalau teknologi XP sudah ketinggalan jaman anda bisa beralih ke vista😉


About this entry